Jumat, 09 Agustus 2013

DI BALIK KESUSAHANPASTI ADA KEMUDAHAN



 “Yakinlah bahwa Allah bersama kita”

Assalamualaikum wr wb,
Yang terhormat Ibu guru bidang studi Bahasa Indonesia
Serta teman-tman yang saya hormati,
pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur Kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat sederhana ini. Tak lupa pula kita kirimkan Shalawat serta salam kepada Junjungan kita Nabi besar Muhammad Saw yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju alam terang benderang seperti yang kita rasakan saat ini dalam cahaya islam.
Teman-teman yang saya banggakan
Pada kesempatan yang baik ini saya akan membawakan sebuah pidato yang berjudul “Di balik kesulitan pasti ada kemudahan” Allah menciptakann dunia ini sebagai ujian bagi manusia, terkadang dalam bentuk kesenangan dan di lain waktu dalam bentuk kesulitan. Demikian keadaan ini silih berganti, roda terus berputar,tak selamanya kita berada dalam lingkaran kesenangan dan tan tak selamanya pula kita berada dalam lingkaran kesedihan. Ingatlah sebuah pepatah “Kegagalan dan kesulitan hari ini tidak menjamin kemenangan dan kesenangan kita untuk selamanya.
Hidup ibarat bumbu ada pedas, manis, dan asin. Ujian adalah bumbu yang ditaburkan oleh Allah agar hidup kita  lebih enak. Skenario Allah akan indah pada waktunya. Maka marilah kita hadapi dan menikmati keadaan ini sebagai bumbu agar hidup kita lebih berwarna. Ibarat lukisan takan indah jika hanya memiliki satu warna.
Segalanya selalu berputar sesuai dengan irama kehidupan. Jika hari ini kita ditimpa kesulitan ingatlah bahwa nikmat-Nya masih lebih banyak daripada kesulitan yang mendera. Dengan demikian akan melahirkan rasa tentram dan bahagia karena rasa syukur yang masih tersisa sehingga bukan hanya derita yang menyertainya. Jika hari ini kita ditimpa kesulitan yakinlah akan kasih sayang Allah bahwa Dia tidak akan membebani makhluk-Nya di luar batas kemampuan.Allah Swt telah berjanji dalam kitabnya Surah Al-Mu’minin: 63) yang artinya “Sesungguhnya kami tidak membebani seorang melainkan menurut  kesanggupannya, dan pada sisi Kami ada suatu kitab yang membicarakan kebenaran, dan mereka tidak dianiaya.”
Teman-teman yang saya cintai
Sebagai muslim yang beriman sudah seharusnya kita meyakini bahwa di setiap kesulitan yang mendera ada karunia Allah berupa kemudahan sepanjang dirinya istiqamah dalam ketaqwaan . “..Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka nya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan( keperluan ) nya...( QS. Ath- Thalaq : 2-3 ). yakinlah bahwa Allah akan memberikan jalan keluar. “ Karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” ( QS. Al – Insyirah : 5-6 ). Demikian juga ketika kita diliputi oleh suasana bahagia janganlah tenggelam dalam sikap hidup yang berlebihan, karena akan ada masanya kesedihan juga ikut menyapa.
Marilah kita menghadapi ujian dengan penuh kesabaran agar kita tidak tenggelam dalam sikap keputusasaan. Teruslah berharap akan kemudahan dan kasih sayang  Allah swt. Yakinlah bahwa dibalik kesulitan pasti ada kemudahan. sahabat sadaraku fillah, semoga kita selalu istiqamah dalam ketaqwaan kepada Allah sehingga dalam mengarungi hidup ini diliputi oleh suasana tentram, aamiin.
Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kehilafan dan kekurangan, yang benar itu datangnya dari Allah Swt dan kekurangannya berasal dari pribadi saya sendiri.Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih,
Wa shallallaahu wa sallama ‘alaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi ajma’iin. Wal-hamdulillaahi rabbil-‘aalamiin. Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh…

By           : Istiana Manek
Memoar : Pidato saat memenuhi Ujian Praktek (tgl 28 Maret 2013)



0 komentar:

Posting Komentar